Perjuangan Kesetaraan Gender - Hari Perempuan Internasional


8 Maret 2023

Hari Perempuan Internasional 

"Perjuangan Keadilan Gender"

Terpatennya tanggal 08 Maret sebagai hari perempuan international menjadi penyemangat perempuan-perempuan di seluruh dunia Untuk memperjuangkan keadilan hak-haknya. Banya perempuan Yang tergilas haknya karena stigma adanya perbedaan gender. 

Gender merupakan stigma yang dibuat oleh masyarakat yang Sifatnya tidak hakiki. Gender ini dapat saya contohkan seperti pandangan masyarakat yang membedakan antara perempuan dan laki-laki diluar dan kodratnya. Misalnya, perempuan lebih dentik dengan kata lemah, bodoh, harus pintar mengurus rumah. Sedangkan laki-laki identik dengan kata kuat, cerdas, pekerja. Padahal hal tersebut dapat dilakukan oleh keduanya.

Gender dan jenis kelamin apakah sama?

Tidak! 

Jenis kelamin merupakan keadaan biologis antara perempuan dan laki-laki. Keadaan biologis ini sifatnya hakiki yang sudah didapatkan sejak terlahir di dunia. Yaitu, jika perempuan memiliki payudara, vagina, sel telur, ovarium. Sedangkan laki-laki memiliki penis, festis, dan sperma. Keadaan ini tak bisa ditukar.

Perjuangan keadilan dini yang dimaksud adalah kesamaan kesempatan yang diperoleh. Kesamaan berfikir, hak, kewajiban tanggung jawab.

Artinya adanya Hari Perempuan Internasional sangat berpengaruh dengan adanya perjuangan keadilan gender sebagai penyemangat kaum perempuan. 

______________________________________________
DIVISI KOMINFO
KABINET CANDRAMAWA
HMPS TIPS UIN SATU TULUNGAGUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan