Merayakan Hari Raya Nyepi - Tahun Baru Saka 1944 di Bali

22 Maret 2023

Hari Raya Nyepi

Halo sobat sosiall!!!
Kalian pasti tidak asing lagi dengan hari raya yang satu ini kann?!!... 

Yap! Hari raya Nyepi 
Hari Raya Nyepi adalah hari raya suci bagi umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka dan pada tahun ini jatuh pada tanggal 22 Maret 2023.Makna dari perayaan Hari Raya Nyepi sendiri bagi umat Hindu adalah meninggalkan aktivitas duniawi dalam keheningan dengan cara bermeditasi. Tujuan dari dirayakannya perayaan Hari Raya Nyepi adalah untuk menemukan jati diri demi mendapatkan keseimbangan diri dan alam semesta bagi kaum mereka.

Kalian tau nggak sih suasana di Bali waktu hari raya Nyepi??

Saat perayaan Nyepi, kehidupan di Bali akan sangat sepi dan sunyi selama seharian penuh. Kegiatan sehari-hari yang biasa berlangsung akan dibatasi, kecuali pada objek vital atau tempat-tempat yang tidak memungkinkan untuk ditutup seperti rumah sakit. Sehingga tidak ada keramaian atau gemerlap lampu kota yang menerangi suasana malam hari di Bali.
Sebelum puncak perayaan, biasanya diadakan serangkaian upacara adat yang bertujuan agar pelaksanaan Nyepi bisa berjalan dengan lancar.

Rangkaian upacara adat ini terdiri dari beberapa bagian, yang pertama adalah upacara Melasti atau upacara Melis yang dilaksanakan pada sasih kesanga. Upacara tersebut dilakukan untuk menyucikan pratima, sarana dan peralatan upacara dengan cara diarak ke laut, danau, atau sungai. Pratima merupakan simbol Dewa/Bhatara yang dipergunakan sebagai alat untuk memuja Sang Hyang Widhi Wasa (sebutan Tuhan Yang Maha Esa bagi umat Hindu).

Kemudian dilanjut dengan upacara Pengrupukan yang juga dikenal dengan nama lain upacara Tawur Kesanga atau Tawur Agung. Setelah menjelang matahari terbit di ufuk timur, barulah umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi.Disini umat Hindu memperoleh pembelajaran mengenai cara pengendalian diri dengan cara tidak bepergian,dan tidak melakukan aktivitas yang merusak kesunyian,serta tidak menyalakan api atau lampu yang biasa disebut Catur Bratha Penyepian.

Setelah 24 jam melaksanakan Catur Bratha Penyepian, Hari Nyepi kemudian ditutup hari Ngembak Geni yang berarti bebas menghidupkan api. Biasanya, umat Hindu juga saling mengunjungi keluarga dan teman, agar bisa saling memaafkan atas segala kekhilafan dan kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Selamat menyambut Hari Raya Nyepi - Tahun Baru Saka 1944 bagi yang merayakan!! 

______________________________________________
DIVISI KOMINFO
KABINET CANDRAMAWA
HMPS TADRIS IPS UIN SATU TULUNGAGUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan