Diskusi Ilmiah “Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam penulisan karya ilmiah”


Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial menngelar acara yaitu Kegiatan “Diskusi Ilmiah”, merupakan salah satu  kegiatan dari program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris IPS IAIN Tulungagung yang mana Peserta dalam kegiatan diskusi ilmiah adalah Mahasiswa IAIN Tulungagung. Kegiatan Diskusi Ilmiah ini dilaksanakan pada Senin, 09 April 2018 di Auditorium Gedung KH. Arief Mustaqim lt.6 IAIN Tulungagung. Kegiatan Diskusi Ilmiah diketuai oleh saudara Eki Kurnia Shandy dari anggota HMJ Tadris IPS
Kegiatan Diskusi Ilmiah dibuka pada pukul 08:00 WIB. Sebelum kegiatan pembukaan di mulai, panitia menyuguhkan dengan sholawat yang dibawakan oleh grup sholawat Jauharul Qolbi Jurusan Tadris IPS. Kemudian acara dimulai dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Ketua Pelaksana yaitu saudara Eki Kurnia Shandy, lalu sambutan yang kedua oleh ketua jurusan Tadris IPS yaitu Ibu Ummu Sholihah,M.Si. Dan sambutan yang terakhir oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Bapak Drs.Muniri,M.Pd.
Setelah sambutan-sambutan dilanjutkan dengan do’a dan penutup. Kemudian dilanjutkan acara inti yaitu Diskusi Ilmiah. Diskusi Ilmiah yang pertama di pimpin oleh Ibu Ummu Sholihah,M.Si, WIB kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Ilmiah kedua yang di pimpin oleh Bapak Beni Asyhar, M.Pd. kemudian sekitar pukul 10.50 WIB. Dan pukul 12.00 WIB acara Diskusi Ilmiah dengan tema “Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah” telah selesai.
Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “cititation dan reference manager” kedalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti diberbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian. Mendeley dapat diaplikasikan pada MS Windows, dapat menampilkan metadata dari sebuah file PDF secara otomatis, dapat membackup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online, smart filtering dan tagging, impor dokumen dari makalah penelitian dari situs-situs eksternal, fitur jejaring sosial, iPhone maupun iPad app. Selain itu pengaturan dan manajeman file hasil download sangat mudah dilakukan dan proses instalnya juga sangat mudah. Saat ini mendeley merupakan salah satu aplikasi wajib buat para mahasiswa, khususnya bagi mereka yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, ataupun skripsi. Mendeley akan membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Kemudian dilakukan praktek penggunaan Aplikasi Mendeley dan diikuti oleh peserta diskusi ilmiah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan