Pelantikan dan pelatihan keorganisasian (PPK)




*Oleh Lina (semester 6 dan pengurus bidang kominfo HMJ TIPS)
Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial menggelar pelantikan anggota baru masa jabatan 2017-2018. Yang bertepatan pada tanggal 15 february 2018  Acara tersebut sekaligus sebagai pelatihan keorganisasian mencakup tata administrasi surat menyurat yang ada pada ketentuan keluarga besar mahasiswa IAIN Tulungagung. Acara tersebut dibuka oleh dekan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, ibu Dr. Hj. Binti maunah, M.Pd.I dan di hadiri oleh ketua jurusan tadris IPS, ibu ummu, beliau juga memberi sambutan dan sangat mengapresiasi kegiatan perdana yang di adakan HMJ tadris IPS. Serangkaian acara berjalan dengan hikmat dan lancer mulai dari pembukaan pelantikan kepengurusan baru, pelatihan administrasi, dan kajian keorganisasian serta kebangsaan. Acara dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.
            Pelantikan kepengurusan HMJ di pimpin langsung oleh presiden mahasiswa atau Dewan eksekutif mahasiswa institute (DEMA-I), ismail sahputra. Kemudian dilanjutkan sosialisasi pedoman administrasi oleh perwakilan dari senat mahasiswa institute (SEMA-I), setelah itu dilanjutkan beberapa kajian keorganisasian dan kebangsaan.
            Menurut penuturan adi sutrisno selaku ketua pelaksana acara, “kegiatan ini bukanlah sebatas pelantikan pengurus baru semata, melainkan acara ini juga dikemas sebagai edukasi untuk para mahasiswa dalam bidang organisasi.”
Menurutnya, mahasiswa juga harus di tuntut aktif berorganisasi untuk menunjang dari segi intelektual ataupun pengalaman. Tidak hanya itu, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan kepada para pengurus dan anggota baru HMJ mengenai organisasi di lingkup kampus IAIN Tulungagung.
Pelantikan dan pelatihan keorganisasian bertemakan “mewujudkan organisasi yang harmonis aktif dan berjiwa social” dipilih lantaran sangat cocok dengan jurusan tadris IPS yang mengkaji dan mendalami ilmu-ilmu social. Tidak hanya itu, menurut adi sutrisno semester 4 ini, mahasiswa tadris IPS Harus mempunyai jiwa social yang tinggi dan mempunyai tanggung jawab penuh di segala urusan organisasi, apalagi ketika telah dilantik dan mengucapkan sumpah mahasiswa didalam organisasi. Tentu saja hal ini menjadi salah satu strategi untuk memudahkan langkah mahasiswa dalam menjalankan roda organisasi.
Sementara itu, adi sutrisno juga menuturkan bahwa sebenarnya dari serangkaian acara pada hari itu terdapat kajian mengenai kebangsaan yang di narasumberi langsung oleh bapak Narrudin, M.Pd. dalam paparannya mengenai kebangsaan, lebih kepada fenomena dan realitas bangsa Indonesia mengenai isu-isu radikalisme.“isu-isu kebangsaan ini di ambil karena ingin memberikan wacana dan educasi kepada mahasiswa tadris IPS terutama bagi mahasiswa yang masih semester baru” kata adi sutrisno.
Adi sutrisno berharap, agar mahasiswa mengetahui, dan paham kemudian bisa mengembangkan fungsi dan peran sebagai mahasiswa. Seperti pengembangan intelektual akademis yang berguna nantinya untuk terjun kemasyarakat. Oleh sebab itu untuk mengembangkan peran tersebut dapat dilakukan dengan bergabung organisasi mahasiswa. Sukses dan tidaknya seorang mahasiswa dalam dunia perkuliahan, tidak hanya di ukur dari sisi akademiknya semata, tetapi juga sukses berorganisasi didalam kampus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan