SEJARAH HARI KOPERASI INDONESIA - 12 DJULI

12 JULI 2023

HARI KOPERASI INDONESIA

Halloo sobat sosial!! 
Kembali lagi nih di blogspot hmps tadris ips yang bakal membahas hal menarik!! 
Kali ini kita akan membahas mengenai Koperasi. Koperasi itu apa sihh?? Yuk simak!! 

Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang dapat menopang ekonomi para rakyat Indonesia. Koperasi dapat diartikan sebagai sebuah badan usaha yang beranggotakan sekelompok orang dengan kegiatan yang berlandaskan prinsip koperasi dan berasas kekeluargaan.

Sobat sosial sudah tau kan koperasi itu apa. Oke sekarang lanjut ke pembahasan selanjutnya. Gimana sih kok bisa ada koperasi di Indonesia?? Yukk simak!! 

Awal mula terbentuknya koperasi tercatat pada pertengahan abad ke 18 dan awal abad ke 19. Koperasi merupakan gerakan yang lahir akibat dari revolusi industri yang gagal mewujudkan semboyan "Kebebasan-persamaan-kebersamaan". Di Inggris terdapat koperasi yang didirikan Pertama kali yang anggotanya terdapat 28 orang. Pada awalnya, koperasi ini mendapat banyak cacian dari beberapa pihak, tetapi setelah koperasi ini dapat berjalan dengan asas-asas kekeluargaannya koperasi ini dapat berkembang bahkan dikatakan sukses.

Perkembangan kopersasi di Indonesia dari tahun ke tahun mendapatkan banyak perubahan. Dimana kopersasi pada mulanya muncul pada saat zaman penjajahan. Mulai dari adanya monopoli perdagangan (VOC) hingga kerja paksa yang sangat merugikan para rakyat Indonesia. 

Hingga pada tahun 1896, seorang patih Purwokerto yang bernama Raden Aria Wiriaatmadja mendirikan sebuah koperasi kredit. Dimana tujuannya adalah memberikan pinjaman kepada rakyat yang sedang terlilit hutang. Kemudian tahun 1911, terciptalah sebuah organisasi SDI (Serikat Dagang Islam) yang dipimpin H. Saman hudi dan H.O.S Cokroaminoto yang mewujudkan toko koperasi atau disebut warung serba ada (warseda). Hingga, wakil presiden yang kala itu adalah Drs. Mohammad Hatta sangat memberikan perhatian dan dukungannya dengan adanya koperasi di Indonesia. Sehingga, banyak upaya yang dilakukan beliau untuk memajukan koperasi yang ada di Indonesia.

______________________________________________
DIVISI KOMINFO
KABINET CANDRAMAWA
HMPS TIPS UIN SATU TULUNGAGUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan