Memaknai Tahun Baru Islam 2023 - 1 Muharram 1445 H


18 JULI 2023

TAHUN BARU ISLAM - 1 MUHARRAM 1445 H

Tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah merupakan momentum yang penting bagi semua umat muslim di dunia. Tahun baru Islam ditandai dengan dimulainya penanggalan 1 Muharram atau Satu Suro, yang mana pada tahun 2023 ini tepat pada tanggal 19 Juli. Menurut catatan sejarah, penetapan awal tahun baru Islam atau awal penanggalan Hijriyah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah.

Tahun baru Islam memiliki beberapa makna yang dapat dijadikan renungan, diantaranya agar manusia menyadari bahwa waktu terus berjalan, semangat hijrah untuk hidup yang lebih baik dan juga menyadari bahwa semua ujian hanya dilewati dengan mengharap ridha Allah SWT. Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah pada bulan Allah yang bernama Muharram". (HR. Muslim). Dari sabda tersebut mengajarkan kita agar memperbanyak puasa Sunnah karena Allah akan melipatgandakan pahala kita, selain itu memperbanyak sedekah termasuk menyantuni anak yatim merupakan amalan yang disukai Allah.

Selamat Tahun Baru Islam 2023 1 Muharram 1445 H. Mari kita jadikan Tahun Baru Hijriah ini sebagai cerminan untuk refleksi diri dan meminta ampunan Allah SWT.

______________________________________________
DIVISI KOMINFO
KABINET CANDRAMAWA
HMPS TIPS UIN SATU TULUNGAGUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan