Peran Mahasiswa dalam Mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia


17 AGUSTUS 2023

Teruslah Melaju untuk Indonesia Maju” sepenggal kata yang mendeskripsikan akan indonesia merdeka.

Halo sobat Sosial!!... 

Kalian pasti sudah tau yaa pada setiap tanggal 17 Agustus itu diperingati sebagai hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dan pada tahun 2023 kali ini Indonesia sudah mencapai masa kejayaan di 78 thn loh.

Pada bulan Agustus kita akan mendapati bendera merah putih yang berkibar di sekitaran kita. Pada tanggal 17 Agustus rakyat Indonesia akan merayakan hari proklamasi kemerdekaan. Di istana Merdeka sendiri akan dilaksanakan upacara militer dengan dipimpin oleh presiden RI selaku inspektur upacara. 

Berbicara mengenai kemerdekaan, pastinya Indonesia merdeka tidaklah dengan semudah membalik telapak tangan, perlu perjuangan yang sangat hebat dan waktu yang sangat panjang. Sebagai mahasiswa kita pastinya mempunyai kewajiban guna kemerdekaan yang para pahlawan kita perjuangkan tidak sia sia.

Sekretariat Jenderal MPR Budi Muliawan pernah mengatakan bahwa mahasiswa merupakan calon pemimpin bangsa, mahasiswa harus mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa. Sebab, estafet kepemimpinan di setiap tingkatan baik kepemimpinan nasional maupun daerah, akan diserahkan kepada para pemuda dan mahasiswa sebagai penerus bangsa. Lalu apa yang harus dilakukan oleh mahasiswa dalam menjaga dan melestarikan kemerdekaan Indonesia?

Mahasiswa merupakan penerus serta tonggak dari sebuah negara, melalui pendidikan yang kita dapatkan dalam perkuliahan yang pastinya akan sangat berguna dalam menentukan sikap apa yang dapat kita ambil dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Lewat pendidikan dan keberanian mahasiswalah yang akan memberikan aspirasi nya mengenai masyarakat yang akan maju guna menuju Indonesia emas 2045. Sempat terlintas omongan Bung Karno “Berikanlah aku 10 pemuda,dan akan kuguncangkan dunia”. Kalau kita benar benar memahami kalimat tersebut memanglah sangat benar dan hebat.

Karena pemudalah yang nantinya akan menjadi harapan negara jangka panjang, jika pemuda dalam sebuah negara itu baik, maka setidaknya langkah panjang negara itu juga baik, begitu juga sebaliknya yang akan terjadi. Kita sebagai para pemuda yang diberkahi sebuah gelar mahasiswa haruslah pandai dalam mengisi, menjaga juga melestarikan kemerdekaan yang sudah kita rasakan sekarang.

Mahasiswa harus dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal-hal yang positif. Sebagai mahasiswa tanggung jawab yang diemban tidak hanya ada pada diri sendiri dan keluarga namun juga kepada negeri ini. Perjuangan mahasiswa sebagai generasi muda bukan diwujudkan dalam mengangkat senjata dan berperang melawan penjajah. Melainkan berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, dan menyerah yang dapat merugikan diri sendiri serta negeri ini.

Sebagai mahasiswa kita harus menjadi pribadi yang tanggung, rajin, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif dan cinta tanah air untuk berlangsungnya kemajuan suatu negara. Karna sikap kita yang sekarang akan menentukan bagaimana bentuk negara Indonesia pada tahun yang akan datang.

______________________________________________
DIVISI KOMINFO
KABINET CANDRAMAWA
HMPS TIPS UIN SATU TULUNGAGUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan