HARI ASEAN 8 AGUSTUS

8 AGUSTUS 2023

Pada 8 Agustus 1967 resmi didirikan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) di Bangkok. ASEAN adalah organisasi geopolitik dan ekonomi yang anggotanya adalah negara dari kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini dibentuk karena adanya keinginan kuat dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera.

Pendirian organisasi ini ditandai dengan ditandatanganinya Deklarasi ASEAN yang diwakili oleh lima menteri luar negeri. Deklarasi ASEAN adalah sebuah dokumen pendek dengan kata-kata sederhana yang hanya berisi lima halaman. Secara garis besar, dokumen tersebut berisi maksud dan tujuan didirikannya ASEAN. Hari Ulang Tahun ASEAN ke-56 ini bertepatan dengan terpilihnya Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Keketuaan Indonesia di ASEAN resmi dimulai sejak 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023. Memegang Keketuaan ASEAN, Indonesia turut berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Summit 2023, atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Selamat ulang tahun ASEAN, semoga kedepannya negara-negara Asia Tenggara semakin sejahtera dan mampu menjalin keakraban yang lebih erat. Melalui ASEAN, marilah sama-sama mewujudkan perdamaian dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan