ASAL USUL HARI KEADILAN SOSIAL SEDUNIA 20 FEBRUARI

20 Februari


Haloo sobat sosiall!! 

Sobat sosial tau nggak kalau hari keadilan sosial itu ada lho!! 

Iya!! Beneran adaa!! 
Melansir laman resmi PBB, tanggal 20 Februari ditetapkan sebagai Hari Keadilan Sosial Sedunia pada 26 November 2007 oleh Majelis Umum PBB

Kok bisaa?? 
Ternyata, peringatan ini dideklarasikan oleh PBB sebagai upaya mempromosikan pembangunan sosial dan martabat manusia. Misi global yang diusung mengangkat sejumlah isu seperti kemiskinan, diskriminasi, kesetaraan gender, dan hal-hal lain yang menyangkut permasalahan sosial. 

Sejarah Hari Keadilan Sosial
Hari keadilan sosial Sedunia merupakan peringatan untuk menjamin keadilan bagi seluruh manusia dalam perawatan kesehatan yang baik, kehidupan yang layak, pendidikan yang terjamin, maupun kesempatan yang sama untuk hidup didunia dengan rasa aman. Pada tahun 1995 di Kopenhagen, Denmark, KTT Dunia membahas mengenai Pembangunan Sosial. Lebih dari 100 pemimpin politik bertekad untuk menangani permasalahan sosial untuk menciptakan masyarakat yang aman dan adil. Setahun setelahnya di New York, negara anggota PBB meninjau kembali Deklarasi Kopenhagen mengenai Pembangunan Sosial. Dua tahun kemudian, pada tanggal 26 November 2007 PBB menetapkan tanggal 20 Februari sebagai Hari Keadilan Sosial. Hari Keadilan Sosial kemudian dideklarasikan pertama kalinya tanggal 8 Juni 2008 sebagai komitmen untuk keadilan sosial yang berkelanjutan dan adil. Hingga akhirnya, Hari Keadilan Sosial untuk pertama kalinya dirayakan pada tahun 2009 dan setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda namun tetap mengangkat mengenai isu sosial. 

Tema Keadilan Sosial 2023
Dilansir dari situs PBB, tema Keadilan Sosial Sedunia tahun 2023 adalah "Overcoming Barriers and Unleashing Opportunities for Social Justice" atau "Mengatasi Hambatan dan Membuka Peluang Keadilan Sosial". Mengutip dari situs MalangNetwork.com dari laman resmi PBB, dialog peringatan hari Keadilan Sosial Sedunia akan membahas tentang agenda bersama untuk memperkuat solidaritas global dan membangun kepercayaan terhadap keadilan sosial yang akan berlangsung di United Nations Headquartes, New York, Amerika Serikat pada tanggal 20 Februari 2023.


______________________________________________
DEVISI KOMINFO
KABINET CANDRAMAWA
HMPS TIPS UIN SATU TULUNGAGUNG 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan