Hari Kebangkitan Nasional

 Hari Kebangkitan Nasional

Pada tanggal 20 mei pada setiap tahunnya akan diperingati sebagai hari kebangkitan nasional. Hari kebangkitan nasional atau yang bisa disebut dengan harkitsas lahir seiring berdirinya organisasi Boedi Oetomo yaitu pada tanggal 20 mei 1908. Hari kebangkitan nasional sendiri merupakan saat atau moment yang sangat tepat untuk kita warga Indonesia mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan terdahulu yang telah berjuang dengan gigih untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah. Mereka semua merupakan inspirasi bagi kita semua, mengajarkan kita arti sejati dari keberanian, ketekunan, dan semangat pantang menyerah.

Nah berikut merupakan penjelasan sejarah dari berdirinya hari kebangkitan nasional!

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional memiliki akar yang dalam dalam gerakan nasionalisme Indonesia. Pada awal abad ke-20, bangsa Indonesia mulai menyadari pentingnya persatuan dalam menghadapi penjajahan yang telah menguasai negara tersebut selama berabad-abad. Moment hari kebangkitan nasional mengingatkan kita kembali kepada beberapa peristiwa,yaitu:

1.     Sumpah pemuda

2.     Perlawanan terhadap penjajah

3.     Proklamasi kemerdekaan

Momentum kelahiran Boedi Oetomo menjadi catatan sejarah penting bagi Indonesia karena kehadiran organisasi ini menjadi cikal bakal munculnya organisasi-organisasi pemuda lain di Tanah Air.

Kehadiran Boedi Oetomo kala itu, mampu membangkitkan semangat nasionalisme pemuda Indonesia untuk memerdekakan bangsa dan negara agar lepas dari belenggu penjajahan Pemerintah Belanda.

Kemerdekaan Indonesia tidak akan lahir tanpa semangat para pemuda. Maka kita sebagai pemuda punya tugas besar untuk meneruskan semangat kemerdekaan itu.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional.

Semangat jiwa muda!!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan