Hari Kartini, 21 April 2024


      Hari Kartini adalah hari besar yang diperingati setiap tahun pada tanggal 21 April. Diterangkan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, hari Kartini diperingati untuk mengingat besarnya jasa Kartini pada bangsa Indonesia, terutama bagi kaum wanita. Kartini, yang lahir pada tanggal 21 April 1879, merupakan sosok wanita tangguh yang mendasari adanya emansipasi wanita di Indonesia. Dilahirkan di Jepara, Jawa Tengah, Kartini merasa tidak bebas untuk menentukan pilihannya dan merasa diperlakukan berbeda dengan saudara serta merasa kurang adil dengan kebebasan teman-teman wanitanya yang berada di luar negeri. Kartini berpikir bahwa setiap wanita juga mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan, maka ia mendirikan sekolah gratis untuk anak gadis di Jepara dan Rembang.
       Hari Kartini mulai diselenggarakan sejak ditetapkan pada masa pemerintahan Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964. Keputusan tersebut bersamaan dengan ditetapkannya Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, pemilihan 21 April sebagai Hari Kartini juga karena tanggal ini merupakan tanggal lahirnya.
Peringatan Hari Kartini merupakan hari yang diperuntukkan sebagai bentuk penghormatan kepada Kartini, pahlawan perempuan dan pejuang emansipasi wanita di Indonesia. Wanita yang disegani dan dihormati, Kartini menilai bahwa perempuan juga memiliki hak dan kapabilitas yang sama untuk melakukan apa yang saat itu hanya bisa dilakukan laki-laki. Dengan segala kontribusinya pada emansipasi wanita di Indonesia, Kartini dapat dikatakan sebagai sosok modern yang berasal dari masa lalu, sosok dan kisahnya pantas dikenang dan diketahui oleh perempuan-perempuan Indonesia.
        Ungkapan RA Kartini yang populer adalah "habis gelap terbilah terang," yang merupakan peringatan bahwa setiap hal buruk pada dasarnya semua akan berlalu, dan di setiap ada kesusahan pasti akan ada kemudahan. Dalam rangka memperingati hari Kartini ini, marilah kita teruskan perjuangan dan cita-cita R.A. Kartini dengan cara-cara yang positif, salah satunya dengan mengup-grade diri menjadi pribadi yang berpendidikan dan berkelas baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan