Hari Anti Narkoba Internasional - 26 JUNI 2023


26 JUNI 2023

HARI ANTI NARKOBA INTERNASIONAL

Halo sobat sosial!! 
Tau nggak hari ini hari apa? 
Yap, Hari Anti Narkoba Internasional

Setiap tahun, tanggal 26 Juni adalah Hari Anti Narkoba Internasional untuk mengingatkan masyarakat agar menghindari penyalahgunaan narkoba, memerangi penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba.

Sobat sosial tau nggak nih, kenapa kok ada hari anti narkoba internasional? Yuk simak!! 

Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang diperingati pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya merupakan bentuk kepedulian dunia terhadap penyalahgunaan dan perdagangan gelap Narkotika dan Prekursor Narkoba yang berdampak negatif terhadap kesehatan, pembangunan sosial ekonomi maupun secara global. keamanan dan kedamaian. 

Perlunya mencegah kecanduan narkoba agar tidak merusak generasi bangsa sangat di perlukan untuk kedepannya.

Ada tiga faktor yang harus diperhatikan saat menerapkan program anti narkoba, yaitu:

• Yang pertama berhubungan dengan keluarga. Banyak penelitian menunjukkan bahwa sikap orang tua berperan penting dalam membentuk keyakinan anak tentang penggunaan narkoba. Strategi untuk mengubah sikap keluarga terhadap penggunaan narkoba termasuk meningkatkan pola asuh untuk menciptakan komunikasi yang lebih baik dan lingkungan rumah yang lebih baik. Kelompok dukungan orang tua adalah model intervensi yang paling sering digunakan.

• Kedua, dengan tegas menekankan kebijakan tanpa narkoba. Mengirimkan pesan larangan penggunaan yang jelas menuntut sekolah untuk konsisten dalam menjelaskan bahwa narkoba itu buruk dan mendorong kegiatan anti narkoba di sekolah.

• Ketiga, siswa harus dijelaskan berulang kali bahwa narkoba tidak hanya berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental mereka, tetapi juga mempengaruhi kemampuan mereka untuk melanjutkan pendidikan, memaksimalkan potensi akademik mereka, dan menjalani kehidupan yang layak. Akhirnya, itu meningkatkan kepercayaan antara orang dewasa dan anak-anak.

Pendekatan ini mempromosikan peluang yang lebih besar untuk interaksi pribadi antara orang dewasa dan remaja, sehingga mendorong orang dewasa untuk menjadi panutan yang lebih berpengaruh. Oleh karena itu, saat ini para pendidik, pembimbing, dan orang tua harus sangat waspada dan sadar akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjebak anaknya. Dengan berbagai upaya tersebut di atas, mari kita lindungi dan lestarikan para pelajar dari bahaya narkoba tersebut, sehingga diharapkan terciptanya generasi penerus bangsa yang cerdas dan tangguh dapat terwujud saat ini dengan benar. 

______________________________________________
DIVISI KOMINFO
KABINET CANDRAMAWA
HMPS TIPS UIN SATU TULUNGAGUNG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan