PELATIHAN DAN PEMBEKALAN HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL




Senin, (25/02/2019) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan gelar pelatihan dan pembekalan pengurus baru periode 2019-2020 dengan bertemakan “Mewujudkan Kepengurusan yang Berintegritas, Loyalitas, dan Berjiwa Sosial. Acara ini merupakan agenda tahunan yang bertepatan pada hari ini diselenggarakan di Aula lantai enam gedung KH. Arief Mustaqiem. Adapun tamu undangan serta pemateri dihadiri oleh perwakilan Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA F) ,Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), dan Presiden Mahasiswa. Tak terkecuali juga Dosen Tadris IPS Zainul Muttaqin.

Acara ini di khususkan untuk HMJ Tadris IPS periode 2019-2020 bertujuan untuk membekali ilmu tentang kepengurusan – kepengurusan.
Acara dibuka dengan melantunkan ayat suci Al-qur’an dan dilanjutkan dengan menyayikan lagu Indonesia Raya serta Mars IAIN Tulungagung.

Sambutan pertama oleh Muhammad Fika Muwafiki selaku ketua pelaksana “ Berharap dengan adanya pelatihan ini dapat menjadikan anggota HMJ Tadris IPS yang berintegrasi tinggi, loyalitas dan berjiwa sosial dapat memajukan jurusan Tadris IPS kedepannya.”  

“Anggota HMJ Tadris IPS periode 2019-2020 supaya makin kompak lagi dan menjadikan HMJ itu sebagai wadah untuk menampung pemikiran – pemikiran dan bakat – bakat di keluarga besar jurusan Tadris IPS bukan hanya mengikuti organisasi itu dikarenakan gengsi, untuk pamer dan untuk membuat kalian terkenal melainkan ikut organisasi HMJ ini sebagai wadah untuk menyampaikan tujuan bersama dengan kerjasama antara anggota karena itu kalian berusahalah untuk lebih aktif dan efektif baik dalam kegiatan – kegiatan HMJ maupun kegiatan belajar kalian.” tambah Ahmad Maryono selaku ketua HMJ Tadris IPS

Dilanjutkan sambutan oleh Ketua Jurusan Tadris IPS Dwi Astuti Wahyu Nurhayati beliau menuturkan “bahwa pentingnya pelatihan dan pembekalan ini untuk anggota HMJ Tadris IPS yang baru agar lebih mengetahui dan paham akan program – program apa saja yang hendak dibawa  HMJ Tadris IPS untuk satu tahun kedepan.”

Materi yang diangkat dari acara ini juga tidak kalah bagusnya seperti materi tentang Leadership atau Kepemimpinan, Keorganisasian, keadministrasian, antropolog kampus.

Tiba pada waktunya pemateri mengupas materi – materi yang sudah dipersiapkan begitu juga dengan para peserta yang begitu antusias mengikuti jalannya materi dari awal sampai selesai. Acara ini berlangsung dari pagi pukul 09.00 WIB sampai dengan sore pukul 17.00 WIB.

“Ada empat tipe kepemimpinan antara lain, Pertama diktatoris yaitu proses mengolah, menguasai, dan menggerak. Kedua, Otokritas yaitu pemusatan otoritas serta pengambilan keputusan. Ketiga, Demokratis yaitu pemimpin yang ikut membaur ditegah – tengah anggotanya. Keempat, Laissez Faire yaitu pemimpin ini tidak memberikan pemimpinannya melainkan membiarkan bawahannya berbuat kehendaknya.” ucap Zainul Muttaqin selaku pemateri tentang Kepemimpinan

Antropologi Kampus, segala aktifitas yang ada dikampus yang menghasilkan karya atau hasil. “Tipe mahasiswa ada banyak salah satunya aktifis, hedonis, apatis, individualis. Yang paling baik adalah aktifis karena harus seimbang, orang besar diciptakan dari hal yang susah sebelum meraih kesuksesan dan tidak ada orang sukses dihasilkan dari kehidupanyang biasa saja.” tegas Ibrahim Kholid Madjid selaku Presiden Mahasiswa
Setelah materi kedua kita dikasih kesempatan untuk beristirahat sejenak melakukan sholat dhuhur serta makan siang.
Dilanjutkan lagi materi ketiga oleh perwakilan dari DEMA F, Achmad Badawi Widiyari dan Muhammad Bangkit Saputra materi yang diambil juga tidak kalah bagusnya yaitu tentang Keorganisasian, dia memaparkan bahwa keorganisasian itu sekelompok orang yang berkerjasama dengan tujuan bersama membagi tugas dan bertanggung jawab. Tujuan dari berorgnisasi itu sendiri adalah melatih kita agar menjadi seorang yang bisa berkomitmen melakukan kerjasama dari sebuah organisasi untuk mencapai tujuan.
Terakhir materi kita dari perwakilan SEMA F Muhammad Naufal Zabidi menjelaskan tentang Keadministrasian dia menjelaskan bagaimana membuat surat dengan baik dan benar dengan adanya materi ini semoga kita semua khususnya bisa lebih baik lagi dalam penataan administari dalam berorganisasi.
Di penghujung acara disitu ada sesi pemotretan seluruh anggota HMJ periode 2019- 2020 serta pemberian cinderamata untuk pemateri.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT KEPENGURUSAN HMPS TADRIS IPS PERIODE 2024

Sejarah tanggal 30 September - Peristiwa G30S/PKI

Cahaya Ramadhan : Bulan Berkah Dan Pengampunan